10+ Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

TikTok adalah platform media sosial yang tengah naik daun belakangan ini, dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan aktif. Selain membuat pengguna betah scrolling berjam-jam, cara mendapatkan uang dari TikTok pun terhitung menjanjikan.

Loh, TikTok bisa jadi ladang cuan? Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok. Mulai dari menjalankan misi TikTok, berjualan di TikTok Shop, dan masih banyak lagi. Kali ini, kami akan merangkum 10+ cara dapat uang dari TikTok untuk Anda, dan pastinya cocok untuk pemula yang modalnya minim!

Anda sudah tidak sabar ingin panen keuntungan dari TikTok? Yuk langsung scroll ke bawah!

Media sosial seperti TikTok kini bukan sekadar hiburan. Jika bisa mencari celah untuk memanfaatkannya, Anda bisa menciptakan peluang finansial yang menarik. Bahkan, kini ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Berikut ini 10 cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula yang kami rekomendasikan:

Semua cara di atas tetap bisa Anda coba walaupun baru memulai kok. Yuk langsung scroll ke bawah dan cari tahu langkah-langkah untuk mendapatkan cuan di TikTok!

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama yaitu dengan menjadi influencer di platform tersebut. Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui konten-kontennya.

Dengan menjadi influencer, Anda bisa bekerja sama dengan brand untuk promosi produk lalu mendapat imbalan. Apalagi, aplikasi ini punya fitur seperti Creator Fund, Brand Takeover, dan Branded Hashtag Challenge, guna memudahkan influencer menghasilkan uang.

Tips menjadi influencer di medsos ini antara lain fokus pada niche atau topik tertentu, konsisten membuat konten, dan interaksi yang baik dengan followers. Seperti yang dilakukan @khaby.lame, influencer kondang dengan 150 juta lebih followers.

contoh influencer tiktok sebagai cara mendapatkan uang dari tiktok

Cara dapat uang dari TikTok berikutnya adalah dengan menerbitkan sponsored content, yaitu konten yang dibuat oleh TikTok creator dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan dari sebuah brand.

Brand akan membayar Anda untuk membuat konten yang menampilkan produk, baik dalam bentuk review, endorsement, maupun promosi lainnya. Yang penting, Anda harus mengikuti ketentuan dari brand serta menerapkan strategi marketing TikTok yang ampuh.

Oh ya, Anda tak harus menunggu punya jutaan followers untuk dilirik brand. Karena sekarang ini, banyak brand kecil hingga menengah yang memburu kreator dengan followers ribuan untuk bekerja sama, seperti contoh di bawah:

sponsored content post di tiktok

Salah satu cara menghasilkan uang di TikTok yang cukup menarik yaitu dengan menarik donasi saat mengadakan siaran langsung. Ketika Anda sedang live, penonton bisa memberikan stiker gift sebagai bentuk apresiasi.

live gifting tiktok

Nah, gift tersebut dapat ditukar dengan koin atau bahkan tunai. Loh, kok bisa? Sebab, penonton dapat mengirim stiker gift ke Anda karena mereka membelinya dengan uang. Menarik, bukan?

Meski begitu, harus Anda ingat bahwa meminta donasi secara aktif dapat melanggar panduan komunitas aplikasi ini. Anda juga harus memenuhi syarat minimal 1.000 followers dan usia 16 tahun untuk menggunakan fitur live.

Berikutnya, Anda bisa menjalankan misi sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok. Bagi yang belum tahu, aplikasi media sosial ini menyediakan beberapa misi yang dapat Anda ikuti, seperti mengundang teman atau menonton video.

menjalankan misi untuk dapat duit dari tiktok

Untuk setiap misi yang berhasil diselesaikan, Anda akan menerima hadiah berupa uang tunai atau koin. Selain hadiah, konten video pendek Anda juga berpeluang mendapatkan eksposur lebih besar karena bakal dipromosikan oleh pihak TikTok sendiri.

Jual produk di TikTok Shop bisa menjadi cara menghasilkan uang di TikTok yang menjanjikan. Meski baru seumur jagung, TikTok Shop banyak diminati pengguna, karena mereka dapat berbelanja langsung di aplikasi media sosial tanpa membuka marketplace terpisah.

Bagi para penjual, cara daftarnya juga sangat mudah. Cukup mengikuti persyaratan yang ditetapkan platform tersebut, mengunggah produk dan keterangan lengkap layaknya di marketplace lain, dan Anda tinggal menunggu pembeli datang.

Sedikit tips dari kami, manfaatkan fitur siaran langsung untuk mempromosikan barang dagangan Anda. Cara ini sudah banyak dilakukan penjual lain, seperti contoh yang kami sajikan di bawah:

cara menghasilkan uang di tiktok untuk pemula berjualan di tiktok shop

Nah, selanjutnya, manfaatkan TikTok Ads sebagai alternatif cara dapat uang dari TikTok. Sesuai namanya, TikTok Ads adalah fitur iklan yang ditawarkan aplikasi ini untuk membantu Anda mengiklankan produk atau layanan di platform media sosial tersebut.

Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan trafik ke website, marketplace lain, bahkan toko milik Anda sendiri. Variasi iklan yang ditampilkan juga beragam, mulai dari In-feed Image Ads sampai TopView Ads dalam format fullscreen.

cara menghasilkan uang dari tiktok memanfaatkan iklan tiktok

Ingin tahu lebih lanjut tentang TikTok Ads? Tenang, kami sudah membuat panduan TikTok Ads yang dapat Anda terapkan dengan mudah.

Dengan bergabung di Creator Fund, Anda juga bisa dapat uang dari TikTok. Dengan program ini, Anda dapat menerima bayaran jika konten video Anda dianggap menarik, banyak disukai followers, dan engagement-nya tinggi.

cara mendapatkan uang dari tiktok daftar creator funds

Untuk dapat mengikuti program Creator Fund, konten Anda harus memiliki setidaknya 100 ribu views dalam 30 hari terakhir. Oh ya, berhubung program ini masih baru, mungkin saja kebijakan dan keuntungan yang ditawarkan dapat berubah di masa mendatang.

Mendaftarkan diri di program TikTok Affiliate bisa menjadi cara mendapatkan uang lewat TikTok yang patut Anda ccoba. Afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda mempromosikan produk tertentu dan mendulang komisi penjualan dari produk tersebut.

Cara kerja programnya sama seperti program afiliasi pada umumnya. Anda cukup menambahkan tautan afiliasi produk pada keranjang kuning ketika membuat konten video. Ketika ada orang yang mengklik link tersebut, Anda akan otomatis mendapatkan komisi.

Tentu saja, TikTok Affiliate menetapkan syarat dan ketentuan agar Anda dapat diterima sebagai afiliator. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membuka aplikasi ini di smartphone lalu menyimak dengan teliti setiap butir persyaratan.

cara dapat uang lewat tiktok daftar program afiliasi

Langkah yang bisa Anda coba selanjutnya sebagai cara menghasilkan uang lewat TikTok untuk pemula adalah mempromosikan lagu ke dalam video pendek Anda.

Seperti yang diketahui, hampir semua ide konten TikTok menggunakan lagu, baik untuk lip-sync maupun joget-joget biasa.

mempromosikan lagu di tiktok

Nah, hal tersebut semakin disadari oleh para musisi. Jika Anda dianggap punya followers dan engagement yang besar, para musisi bisa saja membayar Anda untuk mempromosikan lagu mereka dalam video Anda.

Selanjutnya, cara mendapatkan uang dari aplikasi TikTok yaitu dengan menawarkan jasa sebagai admin akun. Cara kerjanya sama seperti menjadi admin sosial media pada umumnya, yaitu mengelola akun agar bertambah besar menggunakan strategi-strategi tertentu.

Opsi ini cocok bagi Anda yang paham seluk beluk dunia pemasaran dan menguasai strategi content marketing. Anda juga harus mampu mengembangkan ide kreatif konten TikTok dan mengelola tawaran kerja sama.

Selain itu, Anda juga perlu memahami bagaimana cara agar konten TikTok viral dan sering masuk ke FYP. Untuk mencapainya, Anda perlu mempelajari beberapa teknik pemasaran, dan viral marketing adalah salah satunya.

Terakhir, Anda bisa membangun akun hingga besar, lalu menjualnya sebagai cara mendapatkan uang dari TikTok. Bisnis jual beli akun TikTok terbilangΒ menjanjikan, karena tidak semua bisnis mampu membangun akun dari nol.

Apalagi jika Anda berbakat dalam menumbuhkan followers dengan cepat, Anda hampir dipastikan bakal punya banyak pembeli potensial. Sebagai contoh di marketplace atau website, praktik jual beli akun ini sudah marak dilakukan.

cara menghasilkan uang dari tiktok

Nah, itu tadi beragam cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa langsung Anda praktikkan. Di antara semuanya, pilihlah yang paling sesuai dengan keahlian Anda agar Anda bisa lebih cepat meraih keuntungan.

Jadi, sudah menentukan langkah dapat uang di TikTok yang ingin dicoba?

Pada poin sebelumnya, Anda telah menyimak berbagai cara mendapatkan uang dari internet, khususnya di media sosial TikTok. Di bagian ini, kami sajikan beberapa hal yang sering ditanyakan seputar cara mendapatkan uang dari TikTok:

Sebenarnya, aplikasi ini tidak membayar pengguna dengan jumlah followers tertentu. Namun terkadang, ada brand yang menawarkan kerja sama karena melihat besaran pengikut. Misalnya, user TikTok dengan 1K followers dapat memiliki pendapatan Rp100-300 ribu per postingan.

TikTok memberi penghasilan bagi Anda yang bergabung dengan program Creator Fund dengan 100.000 tayangan video selama 30 hari terakhir. Selain itu, Anda juga dapat menghasilkan uang dari koin dan gift, promo musik, atau menjual akun.

FYP di aplikasi TikTok tidak langsung memberikan penghasilan. Namun, semakin banyak video masuk ke FYP, semakin banyak juga penonton konten tersebut. Dari situ, peluang Anda mendulang pendapatan dengan cara-cara yang telah dijelaskan jadi semakin besar.

Melalui artikel ini, Anda sudah mengetahui beragam cara menghasilkan uang di TikTok, mulai dari menjadi influencer, membuat konten bersponsor, mendaftar program afiliasi, menarik donasi, sampai berjualan di platform marketplace milik platform tersebut.

Yang perlu diingat, upaya–upaya di atas membutuhkan kerja keras dan konsistensi Anda untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas. Dengan kata lain, tidak ada jalan pintas untuk sukses di TikTok.

Selain itu, penting bagi Anda untuk berkomitmen dalam meningkatkan kualitas konten. Dengan konten berkualitas, Anda dapat mempertahankan bahkan menumbuhkan followers, serta menarik sponsor yang lebih besar.

Terakhir, TikTok merupakan platform yang terus berkembang. Maka dari itu, Anda perlu stay tune dengan tren terbaru dan beradaptasi dengan setiap perubahan. Bagaimana menurut Anda? Tuliskan pendapat di kolom komentar, ya! Akhir kata, sampai ketemu di FYP!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *