Cara Menjadwalkan Postingan WordPress [3 Metode Mudah]

Apakah Anda sering merasa kesulitan untuk menerbitkan postingan di WordPress secara konsisten? Atau tidak punya waktu untuk sering-sering publish artikel? Solusinya adalah dengan cara menjadwalkan postingan WordPress!

Saat membuat WordPress, Anda mungkin sudah mempersiapkan banyak artikel untuk diterbitkan. Namun, tidak ideal untuk menayangkannya sekaligus di website Anda. Oleh karena itu, menjadwalkan post artikel WordPress akan membantu Anda mengatur waktu penerbitan dengan efisien.

Lalu, bagaimana langkah-langkah dan cara menjadwalkan postingan WordPress? Tenang, pada dasarnya ada beberapa metode mudah yang bisa Anda lakukan, kok. Mau tahu selengkapnya? Yuk langsung saja meluncur ke bawah!

Mudahnya, ada tiga cara menjadwalkan postingan WordPress, yaitu melalui dashboard, Classic Editor, dan plugin. Mari simak satu per satu langkahnya, yang juga bisa langsung Anda coba sambil membaca artikel ini.

Berikut adalah langkah-langkah menjadwalkan postingan di WordPress melalui dashboard:

menjadwalkan postingan WordPress melalui dashboard

Sekarang Anda sudah berhasil menjadwalkan posting artikel agar terbit pada waktu yang telah ditentukan. Tanda bahwa penjadwalan sukses yaitu ada keterangan β€˜Scheduled’ yang bisa Anda lihat di dashboard.

melihat scheduled post di WordPress

Selain itu, Anda juga bisa melihat daftar artikel yang sudah dijadwalkan posting di WordPress lewat menu Scheduled di dashboard.

Apabila menggunakan WordPress Classic Editor, Anda juga bisa menjadwalkan postingan dengan langkah berikut.

menjadwalkan artikel di Classic Editor WordPress

Selain melalui dashboard dan Classic Editor, Anda juga dapat menggunakan plugin untuk menjadwalkan posting artikel di situs web. Berikut adalah beberapa plugin untuk membantu Anda:

Schedule Post Calendar adalah salah satu plugin populer yang bisa menggantikan fitur jadwal bawaan WordPress.

Plugin Schedule Post Calendar menyediakan tampilan kalender yang memudahkan Anda mengatur posting terjadwal dengan mengklik tanggal yang diinginkan.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola jadwal penerbitan artikel Anda tanpa harus mengedit artikel secara langsung.

tampilan plugin Schedule Post Calendar

Fitur utama:

PublishPress Planner adalah plugin yang didesain khusus untuk membantu Anda menjadwalkan posting di situs web dengan lebih baik.

Plugin PublishPress memungkinkan Anda membuat kalender editorial yang terorganisir. Dengan begitu, Anda dapat melihat daftar posting terjadwal dengan mudah dan memastikan konten terbit di situs web sesuai rencana.

cara menjadwalkan postingan WordPress lewat plugin PublishPress

Fitur utama:

SchedulePress adalah plugin terkenal lainnya yang menawarkan fitur penjadwalan postingan yang andal dan mudah digunakan.

Dengan SchedulePress, Anda dapat menjadwalkan posting di WordPress secara presisi, bahkan dalam jumlah besar.

Plugin ini menyediakan tampilan kalender editorial dan daftar postingan yang rapi, memudahkan Anda melacak dan mengelola jadwal penerbitan artikel di situs web tanpa masalah.

cara menjadwalkan postingan WordPress lewat plugin SchedulePress

Meski begitu, untuk mendapatkan versi lengkapnya, Anda harus upgrade dulu ke SchedulePress pro.

Fitur utama:

Plugin Advanced Scheduled Post adalah plugin WordPress yang dapat menjadwalkan posting WordPress dengan lebih akurat dan terperinci, termasuk penjadwalan tanggal kedaluwarsa untuk postingan tertentu.

Selain itu, plugin Advanced Scheduled Post juga menyediakan opsi untuk mengganti otomatis posting WordPress yang sudah kadaluwarsa dengan artikel lain.

cara menjadwalkan postingan WordPress lewat Advanced Scheduled Post

Fitur utama:

Setelah memilih plugin untuk menjadwalkan cara posting di WordPress, Anda dapat mengikuti petunjuk yang disediakan oleh masing-masing plugin.

Oh ya, apabila ingin menambahkan fitur lain di WordPress, seperti menampilkan post sebelumnya ataupun memutar audio, Anda bisa coba gunakan widget WordPress.

Meskipun terlihat mudah dan sangat membantu Anda dalam mengelola waktu penerbitan artikel, menjadwalkan posting di WordPress memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan Menjadwalkan Post Artikel WordPress

Menjadwalkan post artikel WordPress memiliki sejumlah kelebihan berikut:

Kekurangan Menjadwalkan Post Artikel WordPress

Di samping kelebihannya, ada beberapa kekurangan menjadwalkan post artikel di WordPress, yaitu:

Nah, jika ternyata artikel Anda gagal dipublikasikan oleh WordPress, tak usah panik. Silakan atasi dengan panduan yang sudah kami siapkan untuk Anda terkait mengatasi error missed schedule.

Menjadwalkan postingan di WordPress sangatlah berguna bagi pemilik blog atau website. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat merencanakan promosi dengan baik, serta dengan mudah mengatur jadwal penerbitan artikel.

Sebagai pengingat, ini tiga cara menjadwalkan postingan di WordPress:

Anda masih punya pertanyaan tentang cara membuat jadwal post artikel terjadwal di WordPress? Semoga jawaban-jawaban di bawah ini membantu Anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *