Rendahnya Teknologi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar

Pemanfaatan teknologi pada pendidikan Β dasar sangat rendah dan perkembangannya jauh tertinggal.
Sedangkan dalam Perubahan model pembelajaran sangat diperlukan untuk beradaptasi dengan dinamika perkembangan di era perubahan yang begitu cepat, dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rendahnya teknologi di sekolah dasar yaitu Β tidak semua guru memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang diberikannya, padahal mereka sudah memahami bahwa strategi pembelajaran seperti ini akan menunjang atau membantu siswa dalam menguasai materi.

Hambatan guru dalam pemanfaatan teknologi antara lain: kurangnya akses, kurangnya fasilitas teknologi, pembelajaran terpadu non teknologi, guru tidak memiliki pengetahuan tentang teknologi, dan Guru tidak mau menggunakan teknologi.
Selain itu, kendala optimalisasi teknologi dalam pendidikan terletak pada pemanfaatannya yang negatif.
Misalnya, dalam kemajuan teknologi informasi seperti Β internet dan alat-alat teknologi lainnya berkecepatan tinggi dimanfaatkan siswa untuk bermain game online, sosial media dan akses internet lainnya sehingga tidak bermanfaat terhadap sekolah dasar.

Oleh karena itu, peran kita sebagai tenaga pendidik atau guru Β harus mampu menjelaskan lebih rinci dan dapat difahami Β kepada mereka bagaimana memanfaatkan teknologi secara baik dan positif, melalui perkembangan keterampilan teknologi siswa yang diperlukan untuk beradaptasi dengan dunia teknologi dan selalu memantau aktivitas siswa di jaringan sosial media supaya terbentuknya model penggunaan teknologi secara efektif terhadap pendidikan di sekolah dasar guna supaya tidak selalu di rendahkan. Lalu untuk mencapai tujuan pendidikan.
Pada saat itu, kerjasama antara tenaga Β pendidik dan orang tua juga sangat diperlukan kekompakannya karena peran orang tua terhadap anak nya mempunyai pengaruh yang sangat luarbiasa besarnya, mereka harus bisa mengolah waktu anak-anaknya melalui teknologi.
Pada saat yang sama, peran kita sebagai pendidik adalah untuk dapat memastikan sosialisasi, pendidikan dan kerjasama dengan Β orang tua.

Kesimpulannya dari pernyataan di atas ini adalah guru masih menemui permasalahan dalam penggunaan komputer atupun teknologi sebagai alat pembelajaran, antara lain kurangnya pengetahuan guru tentang komputer, kurangnya ketersediaan perangkat komputer di sekolah, arus listrik yang tidak normal di sekolah, akses internet yang kurang memadai dan setelah pembelajaran teknologi sudah tersalurkan kepada siswa ataupun sekolah dasar maka tidak hanya Β tenaga pendidik yang wajib mengetahui teknologi peran orang tua juga Β sangatlah sangat di perlukan dalam pendidikan ini supaya tidak ada kerendahan dalam teknologi terhadap sekolah dasar.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *