Perubahan Teknologi, Apa Konsekuensinya?

Teknologi telah menjadi suatu hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia saat ini. Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat banyaknya kegiatan manusia terbantu. Tapi, apakah teknologi benar-benar membantu manusia? Perkembangan teknologi yang cukup pesat ini tentu saja memberikan banyak dampak-dampak positif bagi kehidupan manusia, namun apakah teknologi hanya memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia saat ini?

Teknologi memiliki perubahan serta perkembangan yang sangat cepat. Munculnya world wibe web, media sosial, perkembangan mobile, hingga saat in yang paling ramai dibicarakan adalah AI. Perubahan teknologi saat ini tidak hanya sekedar komputer saja. Dalam perkembangannya terdapat konsekuensi-konsekuensi yang muncul. Konsekuensi sendiri merupakan akibat atauapun pengaruh dari suatu perbuatan.

Dalam jurnal Postman tahun 1998, Postman menjelaskan mengenai perubahan teknologi yang ia bagi menjadi 5 hal. Postman menyebutnya sebagai 5 ide yang perlu diketahui mengenai perubahan teknologi.

1. Perubahan teknologi adalah sebuah pertukaran. Postman menjelaskan bagaimana suatu teknologi memberi serta mengambil yang diartikan bahwa teknologi yang selalu menawarkan keuntungan kepada manusia, juga akan muncul kerugian bersamaan dengan keuntungan yang muncul. Bahkan kerugian yang didapatkan bisa lebih besar daripada keuntungannya.

2. Keuntungan dan kerugian dari teknologi baru tidak pernah disebarkan secara merata yang diartikan bahwa teknologi dapat menguntungkan orang-0rang namun juga merugikan yang lainnya. Namun disaat yang bersamaan ada pula dari mereka yang tidak terpengaruh dari teknologi baru tersebut.

3. Teknologi dieksperikan sebagai suatu hal yang membuat seseorang menggunakan pikiran mereka yang diartikan bahwa teknologi dapat membuat seseorang menggunakan pikiran mereka dalam hal bagaimana teknologi dapat mengkodifikasi dunia, serta dimana kecenderungan emosional dan intelektual kita diabaikan.

4. Teknologi tidak bersifat aditif, namun bersifat ekologi yang diartikan bahwa teknologi tidak hanya menambahkan suatu hal di dunia, namun mengubah segala hal di dunia. Itulah mengapa kita perlu berhati-hati dengan perkembangan teknologi.

5. Media atau teknologi dianggap sebagai suatu hal yang mitis yang diartikan bahwa teknologi dianggap suatu hal yang muncul dengan sendirinya atau ada dikarenakan Tuhan. Padahal teknologi merupakan buatan manusia. Hal ini dikarenakan manusia terlalu terbiasa dengan kehadiran teknologi, sehingga menganggap bahwa teknologi muncul secara natural.

Postman menjelaskan bahwa kita tidak bisa melihat teknologi sebagai sesuatu yang muncul secara natural, namun kita perlu melihat teknologi sebagai suatu penyusup yang aneh di dalam kehidupan manusia. Dan apakah suatu teknologi memberikan konsekuensi yang negatif atau positif, itu semua kembali bagaimana manusia sadar atas dampak teknologi terhadap diri mereka sendiri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *