Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), Apa Saja Dampak Untuk Kehidupan Kita?

Teknologi pada masa ini telah berkembang sangat pesat. Banyak sekali perangkat teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia sehingga lebih efektif dan efisien terutama waktu. Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan yang Β ditemukan pertama kali pada tahun 1956 pada konferensi Dartmouth dan pada saat itu AI atau kecerdasan buatan resmi digunakan.

AI ( Artificial Intelligence) merupakan kecerdasan buatan dimana diciptakan dari ilmu pengetahuan dan pengalaman dari manusia yang cerdas. AI memiliki banyak sekali kelebihan yang tentunya semua bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, Contohnya sekarang sedang marak penggunakan AI untuk mengedit Foto menjadi animasi Β disney dengan mendeskripsikan dan Mengklik buat Β saja sudah menjadi foto yang sangat bagus seperti Disney, dan ada juga edit video menggunakan AI Β dari mata yang awalnya sambil baca teks, namun dengan AI mata yang tadinya sambil membaca berubah menjadi menatap layar atau melihat kedepan.Β 

Namun disamping kemudahan dengan adanya AI dalam kehidupan sehari hari, AI juga memiliki dampak kerugian untuk manusia. kenapa begitu, karena seiring perkembangan zaman dan teknologi, perusahaan – perusahaan di indonesia akan menggunakan tenaga AI untuk kegiatan produksi, selain robot tidak akan merasa capek dan butuh istirahat, dengan menggunakan AI produktivitas akan menjadi efisien dan mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menggaji para karyawan. jika hal itu terjadi maka akan banyak karyawan yang diberhentikan dan dampaknya adalah banyaknya pengangguran, kasus kejahatan seperti pencopetan, begal dan lainnya akan meningkat, karena tergencetnya masalah ekonomi tetapi tidak punya pekerjaan.

Nah selain kita tahu dampak kelebihan dan kerugian yang akan kita alami ketika mulai menggunakan AI di kehidupan sehari – hari terutama pada bidang produksi di Perusahaan. memang kita tidak bisa melawan kemajuan teknologi pada kehidupan kita namun kita juga harus tahu upaya apa yang harus kita lakukan agar manusia tetap digunakan dan tidak sepenuhnya digantikan Β oleh kecerdasan buatan seperti robot. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Memahami dan memanfaatkan teknologi AIΒ 

Menambah skill dan kemampuan diri

Memiliki pemikiran yang Inovatif karena ke depannya pemikiran yang inovatif sangatlah dibutuhkan di perusahaan.

Harus beradaptasi dengan teknologi yang makin melesat

Teruslah berfikir Kreatif dan menggunakan Teknologi AI untuk membantu pekerjaan kita, jadikan AI sebagai teman dalam bekerja.

Jadi, berikut merupakan upaya atau tips yang dapat kita lakukan untuk dapat hidup berdampingan dengan kecerdasan buatan. kita harus beradaptasi dengan perkembangan zaman yang terus menerus berkembang dengan pesat, bukan untuk ditolak tapi kita harus mampu hidup berdampingan dengan teknologi tersebut.

AI ( Artificial Intelligence) adalah kecerdasan buatan yang diciptakan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia, sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Kita tidak bisa menolak perkembangan zaman, yang bisa kita lakukan hanya mengupgrade diri lebih baik lagi terutama dalam aspek pemikiran dan skill. Pemikiran yang inovatif dan kreatif serta pemahaman dan pemanfaatan AI dalam kehidupan kita.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *